PELATIHAN PENGELOLAAN WEB DINAS (PPID) TA 2024
bro admin | 25 Maret 2024 | Dibaca 529 kali

Pelatihan Secara Virtual

Senin, 25 Maret 2024.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Lebak mengikuti Pelatihan Pengelolaan WEB Dinas (PPID) TA 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten secara daring/Virtual. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pengaplikasian Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) diharapkan dapat mendorong perbaikan kerja  dan aliran data serta informasi antar unit kerja dimasing-masing Badan Publik.

“PPID bertugas sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. di dalam undang-undang tersebut diamanatkan, bahwa setiap Badan Publik Pemerintah maupun Badan Publik Non Pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyediakan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya kepada masyarakat dengan cepat, aktual, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana. Selain itu kinerja Badan Publik dituntut untuk transparan, efektif, efesien dan akuntabel, dengan meningkatkan dengan meningkatkan kualitas pengelolaan informasi serta memberikan pelayanan dan menyediakan informasi publik yang mudah diakses oleh masyarakat. Untuk itu setiap Badan Publik wajib menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), dengan tugas pokok dan fungsinya adalah bertanggungjawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi

Selain itu pula, pelatihan ini bertujuan dalam rangka peningkatan kapasitas admin pendamping PPID pelaksana, khususnya terhadap pengelolaan website PPID di lingkungan OPD nya masing-masing. "Selain itu, sebagai sarana pengembangan dan pengelolaan sumber daya teknologi infomasi dan komunikasi daerah,".  Mengelola website PPID dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat sesuai daftar informasi yang telah disusun di masing-masing OPD. Juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita dalam mengelola website PPID sebagai media pelaksanaan pengelolaan informasi dan dokumentasi dalam keterbukaan informasi publik, 

Oleh karena itu, diharapkan kepada bapak ibu yang telah diberikan tugas dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh antusias sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan PPID yang terdapat di unit kerjanya masing-masing.

BAGIKAN :



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin